banner

Minggu, 11 September 2011

MENGGANTI IEMPLATE BLOGSPOT

Ditulis pada 18 Februari 2009, oleh Yudhi

Cara Mengganti Template Blogspot

Bagian ke 1 dari 2 pada tulisan berseri TUTORIAL BLOGGER
Pada tulisan ini saya kembali akan mengulas cara mengganti template blogspot atau blogger dengan cara yang paling ampuh. Paling tidak cara ini adalah cara yang saya lakukan berkali-kali apabila mengalami stuck saat terlalu sering gagal mengganti template blogspot.
Tulisan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang sangat sering saya temui pada tulisan sebelumnya yaitu: Ganti Template Blogspot Anda. Seluruh penanya pada blog ini selalu mendapatkan error saat mengganti template keinginannya. Hal ini umumnya terjadi dikarenakan kurang jelasnya informasi oleh pihak Blogger ataupun Google dimana letak kesalahan secara pasti.
Pada saat kesalahan terjadi Google hanya akan menampilkan informasi bahwa telah terjadi kesalahan dan perintah Anda tidak dapat dieksukusi dengan baik dan Blogger akan segera memeriksa informasi tersebut dengan mencatatkan sebuah nomor referensi seperti tertera pada gambar berikut ini:
ganti_template_blogspot
Hal ini yang sering terjadi dan sangat membuat kesal pada saat ingin mengganti template. Mudah-mudahan cara yang saya berikan pada tulisan ini dapat bermanfaat dan mujarab namun cukup mengandung resiko yang tinggi berupa kehilangan data Anda.

Kenali Permasalahan Anda

Pada saat mengganti template Anda akan dihadapkan pada error widget/gadget, hal ini dikarenakan tidak samanya gadget pada template lama dan yang baru. Blogger akan menginformasikan hal tersebut saat menggantinya, contoh warning ataupun peringatan ini akan seperti gambar di bawah ini:
ganti_template_blogspot_2
Jangan panik!, hal ini biasa terjadi jika template tidak memiliki gadget yang sama dan hal ini sangat lumrah terjadi karena tiap-tiap desain layout template tidaklah selalu sama. Anda cukup menekan tombol Confirm & Save untuk menyelesaikan permasalahan ini. Ingat bahwa semua gadget yang lama akan hilang, pastikan Anda sudah menyimpan terlebih dahulu file .xml template Anda.
Sebetulnya ada beberapa bentuk pesan error lainnya, namun karena saya gagal mendapatkan screenshoot error :p jadi mohon maaf gak bisa memberikan gambarnya.

Solusi Mengganti Template

Cara paling efektif untuk mengganti template blogspot adalah dengan cara membuang atau menghapus terlebih dahulu semua widget atau gadget lama Anda. Sekali lagi pastikan Anda telah membackupnya terlebih dahulu.
ganti_template_blogspot_3
Setelah Anda membackup silakan hapus semua gadget Anda yang terletak pada menu Page Elements. Silakan upload template baru Anda menggunakan menu yang telah tersedia. Lakukan konfirmasi seperti gambar di atas apabila diminta. Jika tidak diminta konfirmasi berarti gadget Anda bisa dikatakan sama.
Jadi kesimpulan dari tulisan ini adalah menghapus dulu semua gadget Anda adalah cara paling sukses yang pernah saya lakukan berkali-kali saat ingin mengganti template blogspot kesayangan Anda. Selamat mencoba!.
Navigasi Tulisan BerseriMemindahkan Blogspot ke Domain Pribadi

1 komentar: