banner

Sabtu, 27 Agustus 2011

BLOG TERBAIK

Berikut ini daftar blog-blog terbaik di dunia menurut peringkat Technorati yang masing-masing dikunjungi jutaan orang setiap harinya. Namun jangan bayangkan mereka meraih prestasi itu dengan mudah dan tampil dengan glamor sejak mereka tampil. Hampir semua blog tersebut mengawali ‘karir’nya dengan tampilan yang sederhana dan miskin visual.
Kita akan meninjau bagaimana mereka merintis dan bagaimana mereka menampilkan diri di awal-awal pemunculan mereka di jagad blogosfir dunia. Kita juga akan melihat tampilan mereka yang lebih ganteng dan cantik sekarang ini.
Kalau dipikir-pikir sebenarnya usia blog-blog terbaik ini, dalam arti paling banyak pengikutnya, belumlah lama, rata-rata baru berusia tiga-empat tahun. Kalau di usia semuda ini mereka sudah punya jutaan fans, bisa kita bayangkan tiga-empat tahun yang akan datang.
Gizmodo
Gizmodo menyajikan perkembangan terbaru piranti dan gadget elektronik. Peter Rojas adalah orang pertama yang menggawangi blog ini semenjak 2002 dan yang kemudian direkrut oleh Weblog Inc  untuk meluncurkan Engadget, blog pesaing yang juga sama-sama mengulas bidang yang sama.  Gizmodo tergabung dalam jaringan blog Gawker Media. Technorati ranking : 2.


Engadget
Hampir sama dengan Gizmodo, Engadget juga menulis tentang gagdet-gadget elektronik terbaru. Blog ini dirintis pada tahun 2004 oleh antara lain Peter Rojaz, editor dan pendiri Gizmodo.  Weblogs Inc. yang dimiliki oleh AOL adalah induk jaringan dari blog ini.  Technorati ranking: 4.
TechCrunch
TechCrunch adalah blog favorit tentang  lahirnya dan perkembangan tren-tren terbaru dari perusahaan-perusahaan dan jasa di ranah Web 2.0.  TecCrunch diawaki oleh Michael Arrington semenjak tahun 2005. Technorati ranking: 3.
Boing Boing
Boing Boing adalah nama blog terkenal yang mengupas banyak topik, dari saintek, fiksi ilmiah, perkembangan gadget-gadget baru, sampai issu-issu politik terbaru.  Pada tahun 1988 oleh Mark Frauenfelder dan Carla Sinclair dilansir sebagai sebuah zine, namun kemudia berubah menjadi situs web pada tahun 1995, dan terakhir pada  tahun 2000 bertranformasi jadi blog.  Technorati ranking: 5.
Ars Technica
Para pemakai berat komputer pasti kenal dengan blog Ars Technica yang banyak meliput perkembangan inovasi teknologi, sains dan game. Karir pertamanya bisa dirunut sejak 1998 dan diotaki oleh Ken Fisher. Technorati ranking: 7.
The Huffington Post
The Huffington Post adalah media berita liberal yang banyak bicara tentang dunia politik, bisnis, hiburan serta topik-topik kontroversial lainnya.  Blog ini dipandu oleh Ariana Huffington dan Kenneth Lerer sejak tahun  2005. Technorati ranking: 1.




Lifehacker
Banyak orang merasakan manfaat dari tip dan trik penggunaan perangkat lunak yang disarankan oleh Lifehacker. Gina Trapiani sejak tahun 2005 menjadi editor blog favorit ini yang kini bergabung dalam jaringan blog Gawker Media. Technorati ranking: 6.
Gawker
Gawker adalah blog berita sekaligus media gosip selebritis yang mengemuka sejak 2002 dan digawangi oleh Nick Denton.  Gawker adalah situs utama dari jaringan blog Gawker Media. Technorati ranking: 15.
Smashing Magazine
Smashing Magazine jadi rujukan banyak pengguna komputer kelas berat khususnya yang berkarir sebagai perancang situs web. Blog yang nempel di situs ini bisa kita nikmati semenjak 2006 dan terus dipandu oleh Vitaly Friedman dan Sven Lennartz. Technorati ranking: 11.

ReadWriteWeb
ReadWriteWeb banyak dipuji karena tulisannya tentang teknologi dan aplikasi Web. Pada tahun 2003 Richard MacManus mulai menggawangi blog ini. Technorati ranking: 13.
Mashable
Mashable menulis tentang perkembangan jejaring sosial dan Web 2.0. Blog ini belum terlalu tua kok, baru dilansir sejak tahun 2005 oleh Pete Cashmore. Technorati ranking: 14.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar