banner

Senin, 21 November 2011

JANUARI DI MASA LALU

21 Nov 2011
  Ali Bin Abi Thalib ra dan Fatimah Az-Zahra rha
 
24 Januari  625 ( 1 Dzulhijjah tahun ke-3 Hijriah) Fatimah Az-Zahra rha , putri Nabi Muhammad saw dan Ali Bin Abi Thalib ra menikah.

Fatimah Az-Zahra rha , adalah seorang muslimah yang sangat agung dan pemuh dengan sifat-sifat mulia.Banyak yang berniat menimang beliau rha, namun akhirnya pinangan Ali Bin Abi Thalib ra yang diterima.
Ali Bin Abi Thalib ra menikahi Fatimah Az-Zahra rha putri Nabi Muhammad saw, dengan mahar berupa pakaian perang beliau.
Pasangan ini menjalani kehidupan mereka dengan kesederhanaan dan mereka juga di karuniakan anak-anak yang luar biasa yang akhirnya menjadi pejuang-pejuang Islam Yaitu :Hasan,Husen dan Sayyidah Zainab.


  Ibnu Sina lahir

  13 Januari 980.Ilmuwan jenius Ibnu Sina yang di kenal juga dengan Syaikh Ar-Rais lahir.
Beliau berdarah Rusia m dan sejak kecil sudah menunjukan bakat yang luar biasa di bidang ke ilmuan dan saat ber usia 10 tahun beliau mampu menghapal Al-Qur'an.
  Beliau juga belajar logika, Matematika,kedokteran dan juga Filsafat. setelah beliau menyembuhkan penyakit akut pada jaman nya ,Raja kekaisaran Samani sat itu yang bernama Nuh bin Mansur dan beliau di beri akses penuh untuk membaca buku-buku di perpustakaanNegara.

 Dan setelah itu beliau mulai menulis buku -buku pengetahuan beliau dan sampiai
sekarang menjadi sumbangsih ilmu pengetahuan dunia. Ibnu Sina mulai menulis buku pada usia 21 hingga akhir hayatnya.,meski buku-buku karya beliau sampai saat ini sudah berusia millenium namun masih di jadikan literaturilmuwan masa kini.

 Rasulullah saw.berangkat Haji Wada

   18 Januari 632 (Tahun ke 10 Hijriah)

Rasulullah saw, bersama kaum muslimin waktu itu keluar dari kota Madinah untuk menunaikan ibadah haji ke kota Mekkah.

Dalam perjalan pulangke Madinah ,Rasululah saw ,memerintahkan kafilahnya untuk berenti di Ghadir Khum.ditempat ini Rasulullah sawmenyampaikan pesan penting mengenai kepemimpinan umat sepeninggalnya.

Ibadah Haji di tahun ke-10 hijriah tersebut adalah yang terakhir kali beliau lakukan yang di kenal juga sebagai Haji Wada atau Haji perpisahan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar