banner

Sabtu, 19 November 2011

AKHLAK YANG BAIK

20 Nov
           Salah satu aspek yang penting mengenai tarbiyat ialah hubungan dengan akhlak yang baik dan islam menekankan benar akan hal itu.Rasulullah saw bersabda: Didalam neraca Allah tiada yang lebih baik timbangannya selain akhlak yang baik.( Tirmizi, Mirykaat hlm.431).
           Sesungguhnya akhlak yang luhur merupakan separuh agama,bahkan martabat rohani juga pada hakekatnya juga merupakan martabat tertinggi dalam akhlak.,oleh karenaitu saudara-saudara supaya menaruh perhatian yang khusus dalam pembentukan akhlak yang luhur itu.
           Lebih jauh Rasulullah saw mengatakan, orang yang dikarenakan keburukan akhlaknya orang lain akan menjauhinya ia tidak di sukai Allah.
         
            Rasullullah saw bersabda: Siapa yang memperliatkan wajah yang ceria dan senantiasa mrngulum senyum kepada siapa saja yang di jumpainya, orang tersebut memperliatkan amal amal saleh dan perbuatannya itu menarik ganjaran dari Allah Taala.
            Islam sangat menghargai kebajikan yang dilakukan secara diam-diam tanpa setau orang.Rasulullah bersabda : Seseorang  memungut dan membuang benda-benda tajam atau benda-benda licin atau batu yang merintangi jalan atau sampah yang berbau busuk dari jalan umum dengan niatan agar orang lain terhindar dari kecelakaan , maka orang tersebut memperoleh kebajikan dan kebajikan itu sebagian dari imannya.
           Rasulullah saw sendiri memiliki derajat akhlak yang tinggi sekali,dan beliau tak pernah berlaku kurang sopan dengan orang lain,tidak pernah menolak suatu permintaan, beliau biasa melindungi para janda dan belas kasihan terhadap anak yatim,berlaku ramah terhadap tetangga,mengunjungi para sahabat yang sakit baik sahabat kaya ataupun miskin, bahkan beliau mengunjungi orang yang belum ber iman walaupun beliau belumbegitu mrngenalnya.Bahkan terhadap binatang-binatang pun menampakan kasih sayang.
           Sekali peristiwa Rasulullah saw , melihat seekor unta sedang mengerang -ngerang karena kepayahan oleh bebannya yang terlampau berat.Merasa tidak enak beliau pun menghampiri seraya membelai belai kepala unta tersebut seraya berkata kepada pemiliknya, Onta ini tidak dapat bicara .Perliatkanlah rasa kasihmu agar Allah Taala pun menaruh kasihan padamu.
           Demikianlah apa yang dinamakan akhlak Fadilah yang hendaknya diciptakan dalam diri anda sekalian sehingga anda sekalian dapat menjadi contoh hasil tarbiyat yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar