banner

Kamis, 08 Desember 2011

PERBEDAAN ANTARA AZAB DAN COBAAN

08 DES 2011

      1. Azab bisa mengakibatkan kehancuran dan kebinasaan , sedangkan ujian/cobaan beda kita lihat sejah Nabi Muhammad Saw , meski sering terjerat oleh musuh dalam keadaan sendiri tapa Allah Ta'ala selalu menyelamatkannya berbeda dengan Abu Jahal satu kali tertangkap dengan bala tentaranya langsung mati.
       
       2. Azab mengakibatkan bertambahnya kerugian , tetapi sebaliknya cobaan akan bertambahnya manfaat

       3. Kepada siapa saja azab diturunkan akan mengakibatkan rasa putus asa dan ketakutan dalam dirinya .tetapi kalau ujian akan menimbulkan ketenangan dan ketentraman.

        4. Ketiga manusia berusaha mrnjauhkan azab . maka dia akan selalu tersandung , tetapi kepada siapa saja ujian turun dia akan menjadikannya suatu pelajaran maksud nya orang tersebut akan bangkit lagi dan lebih mendekatkan dirinya kepada Allah Ta'ala.

        5. Perbedaan yang kelima ketika manusia di uji dia tidak merasa ada ujian dan ketika cobaan itu datang dia menganggap kesulitan itu tidak berarti karena dia mersakan suatu kelezatan di dalam batinnya untuk menuju suatu kemuliaan. contoh misalnya hartanya raib/habis ,dia akan mengatakan bahwa hartanya telah kembali kepada pemiliknya nya dan aku di aku hanya titipan saja.

        6.  Perbedaan selanjutnya di dalam azab kerohanian akan menurun entah secara perlahan atau dram,atis , sedangkan di dalam cobaan nilai kerohanian akan retus bertambah secara perlahan atau stignafikan sampai akhir hayatnya.

        Inilah yang penulis ketahui perbedaan antara azab dan cobaan , ciri yang signifikan didalam azab manusia tersebut akan terus menjauh dari Tuhan nya , sedangkan di dalam cobaan manusia tersebut akan semangkin mendekat pada Tuhan nya.

       Semoga ini bermanfaat untuk kita semua , sebab Allah Ta'ala tidak akan memberikan ujian yang mellampaui kekuatan hambanya  selalu lah kita mempunyai prasangka baik terhadap Nya.

        Salam manis tuk semua dari penulis Jazakumullah/


      
      

    




1 komentar: