banner

Senin, 05 Desember 2011

MARAH PENYEBAB STOKE

05 DES 2011
 
           Menurut anda siapa yang paling sering membuat anda marah???  Istri , Anak atau Teman sendiri???  dan jawabannya adalah diri anda sendiri (hehehe ,,,percaya gak...).

           Mengapa ? karena rasa marah sebenarnya timbul dari diri sendiri, walau sering kali pemicunya dari luar diri, bila kerap di pikirkan rasa marah akan terus membahana di dada kita.

            Makanya , kalau marah jangan terus di pikirkan penyebabnya kata Psikatri RS Pantai Indah Kapuk Dr Liza.

            Kita sendiri tentunya pernah marah-marah kepada siapa saja yang kita anggap pernah merugikan, merendahkanm menghina atau pada orang yang membuat kita kecewa.,namun kalau rasa marah telah mendominasi maka bisa disebut kita sebagai orang yang pemarah,karena seringnya kita menunjukan rasa marah.

             Ada beberapa sebab mengapa kita lebih sering marah dari pada orang lain, diantaranya adalah faktor pola pikir karena tidak bisa mengendalikan kehidupan yang sedang di jalami mya,atau ada juga yang tidak memiliki banyak ide kalo tidak marah,kemudian ada juga faktor genetik yang dibawa sejak lahir.

             Lainnya karena pengaruh kultur yang menyebabkan mengapa laki-laki lebih sering marah, dan tidak jarang orang berpendapat marah di anggap sebagai superioritas lebih kuat dan mencitrakan diri.

             Sebenatnya bagian otak mana yang dapat mempengaruhi marah ? dalam otak manusia ada yang namanya otak rasional yang letaknya paling luar dan otak emosional yang letaknya levih dalam.

              Otak emosional itu berhubungan langsung dengan pusat otonom yang mengatur jantung dan bagian tubuh lainnya.

               Ketika kita marah otak rasional akan langsung di langkahi dan langsung menuju otak emosional, makanya ketika kita marah sering jantung berdegup kencang karena memang otak emosional berhubungan langsung dengan jantung "ujar Neurolog RS Pantai Indah Kapuk Dr Yudha.

              Jantung dan Stroke

              Marah dapat mempengaruhi aliran darah. kinerja jantung dan dapat memicu penyakit stroke ,bahkan dalam sebuah penelitian dengan sample 1000 orang, diketahui marah dapat mejebabkan darah meninggi dan akhirnya menuju stroke.

              Sedangkan hubunganya dengan penyakit stroke itu karena sebagian besar pencetusnya adalah rasa marah,terlebih lagi stroke kini tidak lagi mendominasi kaum tua tapi dapat pula menyerang manusia umur 30-40 tahunan   ( mengerikan yaaah )

                Ada beberapa tip yang bisa kita ingat ketiga sedang marah

 1.Ambil napas sambil menghitung dari 1-10 sebelum kita merasa marah sekali.
 2.Latihan fisik.
 3 Relaksasi, tarik napas memakai otot perut lepas perlahan sambil sambil mengucapkan santai dan lakukan secara ber ulang.
 4.Identifikasi perasaan otang lain.
 5.Perbaikin pola pikir
 6.Tumbuhkan sikap positip dan tidak pendendam
 7. Ketiga marah cobalah untuk berhenti dan tidak mengingat penyebabnya.

               Demikian uaraian singkat ini , semoga ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar