banner

Rabu, 07 Desember 2011

MENGKUDU SI BUAH AJAIB

07 DES 2011

          Mengkudu diyakini berasal dari Indonesia kawan , pohon asli Negara tercinta kita , walaupun di Hawaii juga ada dan di sebut Noni hehe lucu yaa, sebab pada saay itu banyak bangsa-bangsa Eropa yang datang ke Indonesia dan membawa bibit buah Mengkudu hingga sekarang akhirnya menyebar ke barbagai dunia.

           Di Indonesia tanaman ini terdapat dari P.Jawa himgga Papua ...oh subur sekali ,dan banyak kita jumpai di pekarangan rumah ataupun di pekarangan liar dan nama Mengkudu sendiri pun banyak tergantung dari daerahnya masing-masing seperti Pace , cangkudu, wengkudu, lengkudu, bangkudu, bakudu, pamarai, manakudu, bakulu, labanau, baja, kudu, neteu, tibah, eodo ,hehe dirempat teman apa lagi tuh namanya .

            Masyarakat Jawa mengenal mengkudu sebagai bahan rujak dan pucuk daunya sebagai lalapan daun mengkudu juga bisa dipakai sebagai pepes ikan ...nikmat hehe.

            Herannya masyarakat kita enggan mengkomsumsi mengkudu karena aromanya yang sangat menyengat dan memualkan katanya sih hehe bahkan banyak pula yang menebangnya karena dianggap tidak menguntungkan karena tidak laku dijual (( haha kasihan yaa nasib mengkudu)

             Hasil beberapa penelitian

              Penelitian khasiat buah mengkudu telah dilakukan sejak dua dekade di Indonesia oleh Lembaga Pengkajian Bisnis Pangan (LPBP) yang berlokasi di Bogor Jawa Barat (hehe tau kan) adalah Institusi yang giat melakukan penelitian khasiat buah mengkudu .

               Menurut www.pustaka-aisyah.com dan www.ekafood.com terdapat beberapa penelitian tentang mrngkudu.

               Hasil penelitian F.A.H Dwiyanto (1996) dari Fakultas Biologi UGM , Hadinoto dkk(1993) dari jurusan Farmasi UNHAS dan I.Jurnati (1997) dari Fakultas Kedokteran UGM. menyatakan bahwa buah mengkudu mempunyai efek menurunkan efek menurunkan glukosa darah tikus putih.

               Begitu pula dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Negara lain yang ikut menguatkan hasil penelitian bangsa kita sendiri mengkudu dapat menangkal dan mengobati beberapamacam penyakit .

               Dr. Isabella Abbot , pada  tahun 1992 menulis khasiat mengkudu mampu mengontrol diabetes dan kanker.

               Kemudian pada tahun 1993 .Jurnal Center Letter melaporkan hasil bahwa beberapa penelitidari Keio University dan The Institute of Biomedical Science Jepang telah melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman hasilnya sangat mengejutkan mereka telah menemukan zat anti kanker dalam buah mengkudu (hehe luar biasa si buah ajaib).

              Untuk teman-teman ada cara mudah untuk menghilangkan bau yang menyengat dari aroma buah mengkudu , cara ini rahasia hehe karena rahasia maka saya tidak akan memberi tau haha..

               Cara untuk mengurangi aroma jus yang tidak enak dan rasa asam, campurkan jus yang sudah disaring dalam gula merah atau madu lalu simpan di tempat bersih dan tertutupselama 2-4 hari lantas just siap diminum dan rasanya pun segar dan manis ( haha gampang kan)

              Proses penyimpanan ini akan mengurangi asam askorbat, kaproat, dan kaprik yang menyebabkan bau busuk namun harus kita ingat jangan menyimpannya terlalu lama karena akan terbentuk senyawa alcohol yang memanukkan ( hehe tinggal pilih mau obat atau mau drug)..

              Berbeda dengan jus lain , jus mengkudu di minum cukup 2 sendok makan, waktu yang tepat ialah sebelum makan pagi dan makan malam jadi perut masih kosong jus harus di minum sesegar mungkin tanpa proses pemanasan atau perebusan maksudnya agar enzim alami didalamnya tidak rusak.

              Selama berobat dengan mengkudu kita harus menghindariminuman beralkohol dan kopi.

              Menurut Dr.Ir.Ingrid s Waspodo,MSc , dari IPB Bogor ,pemakaian jus mengkudu ini dilarang ountuk para penderita kelainan pungsi jantung sebab efek sampingnya adalah denyut jantung yang meningkat...okkk salam manis selalu dari penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar